Prajnaparamita https://jurnalmuseum.kemdikbud.go.id/index.php/p <p><strong>Jurnal Prajnaparamita</strong> Museum Nasional ini memuat artikel-artikel yang bertema museum, sejarah dan kebudayaan. Jurnal ini bertujuan sebagai sarana publikasi hasil pemikiran ilmiah; menginformasikan hasil kajian dan pengamatan terkait dengan museum, sejarah dan kebudayaan; meningkatkan penyebarluasan informasi khasanah budaya bangsa dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap museum.</p> id-ID <p>Pihak yang ingin mengutip sebagian maupun seluruh isi buku dapat mencantumkan buku ini sebagai sumbernya.</p> <p>Isi di luar tanggung jawab penerbit dan menjadi tanggung jawab dari masing-masing penulis</p> <p>Tidak untuk diperjualbelikan</p> <p>Hak cipta dilindungi undang-undang Negara Kesatuan republik Indonesia</p> <p>Artikel/naskah ilmiah yang dimuat dalam Jurnal Museum Nasional belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media apapun.</p> nurul.indrarini@gmail.com (Nurul Indrarini) mv.mukhlis1309@gmail.com (Muchlis Suharto) Wed, 04 Jan 2023 05:56:54 +0000 OJS 3.3.0.6 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Memori Kolektif Perempuan dan Koleksi Rumah Cagar Budaya Bumi Ageung di Cianjur https://jurnalmuseum.kemdikbud.go.id/index.php/p/article/view/63 <h1>Penelitian ini memperlihatkan bagaimana koleksi pada rumah cagar budaya Bumi Ageung, Cianjur merepresentasikan memori kolektif perempuan yang tinggal di rumah tersebut. Memori kolektif dalam hal ini dipahami sebagai proses olah pikir atau refleksi terhadap pengalaman individu yang terkompilasi menjadi kesadaran kolektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui memori kolektif perempuan yang direpresentasikan pada koleksi rumah cagar budaya Bumi Ageung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang terdiri atas proses pengumpulan data dan analisis. Berdasarkan studi observasi partisipan dan wawancara mendalam, dapat diketahui bahwa koleksi di cagar budaya Bumi Ageung memperlihatkan beberapa tema narasi perempuan. Jelasnya, seluruh narasi tersebut berujung pada sosialisasi nilai mengenai resiliensi perempuan penghuni Bumi Ageung atas kondisi masyarakat Cianjur pada awal abad ke-20.</h1> Muhamad Alnoza Hak Cipta (c) 2022 Muhamad Alnoza https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnalmuseum.kemdikbud.go.id/index.php/p/article/view/63 Tue, 20 Dec 2022 00:00:00 +0000 Belajar dari Museum La Galigo: Napak Tilas Masa Lampau, Membangun Peradaban Masa Kini https://jurnalmuseum.kemdikbud.go.id/index.php/p/article/view/64 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusiasme peserta didik dalam pembelajaran sejarah yang menjadi salah satu penyebab menurunnya kualitas pembelajaran dan penghayatan sejarah. Hal ini disebabkan oleh pandangan bahwa pembelajaran sejarah terkesan monoton dan membosankan, sehingga diperlukan upaya menarik dan kreatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan museum sebagai sumber belajar sejarah secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai peran dan pemanfaatan Museum La Galigo sebagai sumber belajar sejarah melalui lapangan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan memperoleh sumber dan data dari berbagai referensi, observasi langsung, wawancara, dan mengeksplorasi serta memahami makna dari sumber yang didapat. Hasil penelitian ini adalah bahwa upaya tenaga pendidik dalam memanfaatkan keberadaan Museum La Galigo sebagai sumber belajar sejarah efektif meningkatkan antusiasme untuk belajar sejarah. Kunjungan yang dilakukan dapat membuat peserta didik mengetahui makna dari koleksi-koleksi yang ada di museum sehingga, proses pembelajaran tersebut dapat berimplikasi secara langsung pada peningkatan kemampuan berpikir kritis.</p> khaeruddin khaeruddin, Yulia Hastuti, Ulul Azmi Mustari Hak Cipta (c) 2023 khaeruddin khaeruddin, Yulia Hastuti, Ulul Azmi Mustari https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnalmuseum.kemdikbud.go.id/index.php/p/article/view/64 Tue, 20 Dec 2022 00:00:00 +0000