Penyerahan Naskah

Saat ini jurnal sedang tidak menerima penyerahan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah diketik dengan teks 1 spasi; font 12; menggunakan huruf miring, bukan huruf bergaris bawah (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
  • Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis.

Panduan Penulis

  1. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini adalah artikel mengenai kebudayaan dan museum
  2. Naskah belum pernah dimuat/diterbitkan di jurnal lain
  3. Naskah dibuat dalam bentuk Microsoft Word (doc/docx)
  4. Naskah diformat dalam bentuk dua kolom dan spasi 1. Ukuran kertas yang digunakan A4 dengan batas (margin) 2cm untuk setiap tepi. Naskah ditulis dengan rata kiri-kanan (justified). Naskah diketik menggunakan jenis huruf Times New Roman.
  5. Judul diformat dalam bentuk satu kolom. Judul ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris) dengan huruf kapital menggunakan kalimat yang spesifik dan efektif sesuai dengan isi artikel. Judul utama diketik dengan huruf capital dan bold (huruf besar dan tebal); sedangkan judul dalam bahasa Inggris ditulis dengan huruf italic dan bold(miring dan tebal). Huruf pertama pada setiap kata dalam judul bahasa Inggris ditulis dengan huruf besar.
  6. Di bawah judul, dicantumkan identitas penulis (nama penulis tanpa gelar dan jabatan, nama dan alamat lembaga, serta alamat email penulis).
  7. Setiap naskah maksimal berjumlah 10 halaman termasuk Daftar Pustaka dan lampiran, dengan memperhatikan keseimbangan antarkomponen sistematika sesuai dengan tema yang dibahas.
  8. Abstrak memuat empat komponen, yaitu:(1) Masalah dan Tujuan, (2) Metoda, (3) Hasil, dan (4) Simpulan. Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Ditulis dalam satu paragraf tanpa kutipan paling banyak 150-200 kata dalam bahasa Indonesia.
  9. Kata Kunci terdiri 3-5 kata atau frasa, mencerminkan konsep yang dikandung dalam artikel. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  10. Untuk aturan penulisan lebih detailnya dapat melihat dan mengunduh pada Template Penulisan
  11. Naskah wajib dikirim melalui Jurnal: https://jurnalmuseum.kemdikbud.go.id/
  12. Penulis disilahkan Registrasi Online terlebih dahulu untuk mendapatkan username dan password)
  13. Naskah diproses melalui tim reviewer (mitra bestari). Redaksi berwenang untuk menentukan artikel yang diterima atau ditolak setelah memperoleh masukan dari reviewer
  14. Kegagalan untuk mematuhi pedoman penulisan akan mengakibatkan penolakan; pengiriman ulang artikel dimungkinkan jika pedoman telah cukup diikuti.
  15. Penulis harus merevisi artikel kapan pun diperlukan dalam waktu yang dialokasikan oleh editor.
  16. Reviewer dan editor memiliki hak istimewa untuk mengedit artikel, terkait bahasanya, tanpa mengubah esensi penelitian
  17. Struktur dan sistematika yang harus diikuti sebagai berikut:
    • Pustaka acuan paling sedikit berjumlah 10 sumber acuan, dan 80% diantaranya adalah acuan primer (jurnal ilmiah, prosiding, skripsi, tesis, disertasi, serta buku teks/peraturan perundang-undangan yang diacu secara penuh).
    • Referensi harus berumur maksimal sepuluh tahun, kecuali referensi klasik sebagai data historis.
    • Untuk menghindari dugaan plagiasi acuan yang dikutip dalam narasi wajib ditulis di Pustaka Acuan, sedangkan dalam Pustaka Acuan tidak diperkenankan menulis sumber acuan yang tidak dikutip dalam narasi.
    • Format penulisan Pustaka Acuan mengacu pada Gaya Gaya referensi adalah APA, penulis dapat mengunjungi (http://www.apastyle.org) untuk melihat contoh gaya referensi.
    1. PENDAHULUAN (tidak diperlukan subbab). Pendahuluan memuat latar belakang penelitian, menjelaskan fenomena sebenarnya dari masalah yang diteliti dalam artikel, didukung oleh referensi dan penelitian sebelumnya yang telah dilakukan secara individu maupun kelompok. Ini harus menggambarkan perbandingan antara artikel dan studi sebelumnya. Pendahuluan berisi masalah (satu fokus masalah lebih baik), tujuan penelitian, signifikansi penelitian, dan teori yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Setiap sumber yang digunakan dalam artikel semuanya harus dikutip dalam daftar referensi
    2. LANDASAN TEORI. Landasan teori adalah landasan berpikir untuk menemukan masalah dan sebagai dasar mencari jawabannya. Landasan teori bukan hanya sekumpulan definisi dari sebuah istilah. Uraian dalam bab ini menggunakan referensi yang relevan, kuat, tajam, dan terkini.
    3. METODE PENELITIAN. Terdiri dari keragaman karakteristik penelitian, sumber data, data, teknik pengumpulan data, instrumen pengumpulan data, prosedur pengumpulan data, dan metode analisis;
    4. HASIL DAN PEMBAHASAN. Meliputi penyajian data yang diperoleh serta menganalisis data untuk menjawab masalah penelitian dan tujuan penelitian. Dalam hasil dan pembahasan dapat menggunakan sub judul sesuai dengan permasalahan yang dibahas. Sub judul tidak lebih dari tiga tingkatan tanpa menggunakan penomoran. Sub judul ini menggunakan teknik penulisan yaitu ditulis dengan huruf miring dan tebal. Apabila terdapat sub-sub judul ditulis dengan huruf miring tetapi tidak tebal. Tabel, grafik, gambar, dan / atau foto (jika ada) semuanya harus diberi nomor, judul, dan diberi catatan bersama dengan referensi teks. Tabel dan gambar diberi nomor urut sesuai pemunculannya dan keterangan. Keterangan tabel ditulis di atasnya, sedangkan keterangan gambar ditulis di bawahnya. Tabel dan gambar harus menyajikan hasil penelitian. Tabel dan gambar harus disajikan tidak lebih dari satu halaman. Tabel dan gambar harus terbaca dengan baik dan dicetak dengan baik (resolusi minial 150 mega pixel), dan harus disiapkan untuk kemungkinan artikel akan dimuat dalam warna putih dan hitam (jika akan dibuat versi cetak). Parafrase kutipan, gambar, tabel, dan lain-lain menggunakan penomoran, misalnya: “Struktur judul berita di Koran Kompas disajikan pada tabel 4”. Gambar, tabel, grafik, dan gambar harus diletakkan sedekat mungkin dengan teks yang berhubungan. Tabel harus horizontal atau meminimalkan penggunaan garis vertikal. Isi tulisan sepenuhnya tanggung jawab penulis.
    5. SIMPULAN. Simpulan merupakan sintesa kesesuaian antara masalah, tujuan, dan hasil. Simpulan harus menjawab masalah dan tujuan penelitian. Kesimpulan bukan berupa ringkasan dan bukan pengulangan temuan dan pembahasan. Penulisan Simpulan tidak menggunakan pointer dan penomoran, tetapi menggunakan alenia.
    6. DAFTAR PUSTAKA.
    7. LAMPIRAN (opsional)

##section.default.title##

Artikel

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.